Herba Sehat

Herba Sehat
produk hpa

Senin, 19 Maret 2012

Bahaya Magic Jar

Memang memasak dengan Magic com atau magic jar atau Rice cooker lebih hemat, sederhana dan cepat hanya dalam waktu 30 menit beras sudah jadi nasi. Akan tetapi,  karena proses pemanasannya dengan elemen listrik pemanas dalam wadah tertutup rapat dan hanya diberi sedikit lubang uap (pemanasan secara steem), maka pemanasan dengan Magic com temperaturnya akan jauh lebih tinggi dari memasak nasi seperti biasa (ditanak dahulu baru dikukus). Apalagi bahan pelapis anti lengket berwarna abu-abu dalam pancinya apabila terkelupas dan menyatu dengan nasi, akan berbahaya juga bagi kesehatan kita. Bila anda masih ingin tetap memakainya, lapisan panci tersebut anda gosok saja dengan kertas pasir yang agak halus sehingga alumuniumnya terlihat sampai putih bersih.
Dampak dari penanakan nasi dengan Magic com dalam temperatur yang tinggi adalah, zat carbohydrat dalam nasi yang dipanaskan dalam temperatur tinggi, apabila dikonsumsi akan terjadi dalam tubuh kita suatu jumlah zat gula/kadar gula yang lebih tinggi dari cara penanakan-pengukusan dengan pembuatan nasi biasa secara alat dandang.
Untuk pembuatan tape (fermentasi carbohydrat) pemasakan dengan temperatur tinggi akan lebih memperkuat rasa manis tape yang kita buat dibandingkan dengan pengukusan biasa.
Dari beberapa penelitian kandungan gula dalam darah keluarga yang menggunakan Magic com, Magic jar atau Rice cooker untuk membuat nasi, zat gula/kadar gula dalam tubuh mereka lebih tinggi dibandingkan dari pada sebelum menggunakan Magic com yaitu dengan menanak-mengukus seperti biasa. Gejala anak muda dan remaja yang banyak terkena penyakit gula (Diabetes Mellitus) adalah dampak dari budaya penggunaaan Magic com/Rice Cooker selama ini dalam nasi keluarga.
Umumnya saat ini pada keluarga yang berbakat terkena Diabetes Mellitus dan tahu bahayanya alat magic jar, mereka sudah kembali beralih menghadirkan nasi dengan cara menanak, mengukus seperti bisanya dulu sebelum ada Magic jar, magic com atau rice cooker.

http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2011/11/12/bermasalah-magic-jar-bagi-keluarga/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar